Konsep Diri Siswa Asuhan Ibu Single Parent di SMP Negeri 34 Padang

Siregar, Royhanun (2017) Konsep Diri Siswa Asuhan Ibu Single Parent di SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ROYHANUN_SIREGAR_1204799_313_2017.pdf] Text
B1_05_ROYHANUN_SIREGAR_1204799_313_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Konsep diri adalah salah satu bagian penting dalam perkembangan kepribadian, dimana konsep diri merupakan pendapat, keyakinan, atau gambaran seseorang tentang dirinya sendiri baik itu menyangkut fisik, materi, sosial, emosi, moral, maupun kognitif yang dimilikinya. Remaja perlu dibantu agar dapat membentuk konsep diri yang positif. Salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi pembentukan konsep diri remaja adalah keberadaan ibu single parent. Konsep diri yang positif akan mampu membuat penilaian-penilaian yang lebih positif dan lebih baik mengenai kemampuan diri remaja. Akan tetapi, fakta yang ditemukan masih ada siswa asuhan ibu single parent yang memiliki konsep diri yang negatif seperti tidak yakin dengan kemampuannya serta emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep diri siswa yang diasuh oleh ibu single parent ditinjau dari segi kognitif, sosial dan emosional. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian siswa yang diasuh oleh ibu single parent pada kelas VII, VIII dan IX di SMP Negeri 34 Padang yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berbentuk skala pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Temuan penelitian mengungkapkan konsep diri siswa yang diasuh oleh ibu single parent ditinjau dari segi kognitif berada pada kategori cukup baik (56%), ditinjau dari segi sosial berada pada kategori baik (56%), dan ditinjau dari segi emosional berada pada kategori baik (56%). Konsep diri remaja baik dari segi kognitif, sosial dan emosional dapat dikembangkan melalui layanan BK, diantaranya laayanan informasi, konseling individual, bimbingan kelompok, konsultasi dan layanan mediasi. Dengan demikian siswa yang memiliki konsep diri negatif dapat dikembangkan sedangkan siswa yang sudah memiliki konsep diri yang positif dapat mempertahankan agar tetap memiliki penilaian-penilaian yang baik tentang dirinya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Asuhan Ibu Single Parent
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Thoriq Abdillah
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:21
Last Modified: 23 Jul 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16419

Actions (login required)

View Item
View Item