Rosminar, Rosminar (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri di Kelas V SD Negeri 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROSMINAR_09553_2520_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROSMINAR_09553_2520_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROSMINAR_09553_2520_2012.pdf
Download (222kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 14 Kampung Jambak Koto Tangah Padang, dalam pembelajaran IPA selama ini guru masih menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang belum tepat. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode inkuiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif . Yang menjadi subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa Kelas V SDN 14 Kampung Jambak kecamatan Koto Tangah Kota Padang serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes pada siklus I rata- rata nilai aspek kognitif 72,50%, nilai aspek afektif 63,69 %, dan aspek psikomotor 64,91%, sedangkan tes akhir siklus II nilai meningkat menjadi aspek kognitif 84,42 %, aspek Afektif 78,96%, dan aspek psikomotor 78,27%, jadi dengan penelitian ini dapat dilihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga disimpulkan penelitian ini dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:21 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16418 |