Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Dengan Pendekatan Matematika, Realistik, Pada Siswa Kelas I SD Negeri 23 Talago Lubuk Sikaping

Mairita, Mairita (2011) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Dengan Pendekatan Matematika, Realistik, Pada Siswa Kelas I SD Negeri 23 Talago Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MAIRITA_52584.pdf] Text
final_B1_6_MAIRITA_52584.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pembelajaran di kelas I SDN 23 Talago Lubuk Sikaping belum menggunakan PMR dalam pembelajaran matematika terutama pada materi pengolahan data.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran pengolahan data dengan PMR. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 sampai dengan siklus II pertemuan 2 adalah pada siklus I pertemuan I 72,50%, pada siklus I pertemuan II 78,75% , pada siklus II pertemuan I 83,50%, dan pada siklus II pertemuan II 90%. Sedangkan hasil ratarata persentase untuk siswa adalah: siklus I pertemuan 1 73,68%, siklus I pertemuan II 73,31% siklus II pertemuan I 80,26%, dan siklus II pertemuan II 89,47% hasil rata – rata persentase observasi aktivitas siswa pada pertemuan I sampai siklus II sudah tercapai dengan baik. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SDN 23 Talago Lubuk Sikaping. Hasil penelitian yang dilakukan sudah tercapai. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi pengolahan data dengan PMR di kelas I SDN 23 Talago dapat meningkatkan hasil belajar pengurangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik (PMR), Siklus Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:21
Last Modified: 23 Jul 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16417

Actions (login required)

View Item
View Item