Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis bagi Siswa Kelas V SD Negeri 12 Ulak Karang Utara Padang Utara Kota Padang

Minarni, Teti (2012) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis bagi Siswa Kelas V SD Negeri 12 Ulak Karang Utara Padang Utara Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TETI MINARNI_50753.pdf] Text
final_B1_6_TETI MINARNI_50753.pdf

Download (463kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang timbul di kelas V SD Negeri 12 Ulak Karang Utara pada pembelajaran menulis karangan deskripsi yaitu siswa sulit mengungkapkan ide dalam bentuk tulisan, kalimat yang digunakan sering bolak balik, serta penggunaan tanda baca dan huruf kapital kurang tepat. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Selain itu penyebab lainnya adalah dari faktor guru yaitu guru kurang memberikan arahan pada saat penyusunan karangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diatas peneliti menggunakan pendekatan konstruktivis dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk uraian kalimat, sedangkan untuk menyajikan data dalam bentuk angka digunakan pendekatan kuantitatif. Adapun data diperoleh melalui observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi dengan menggunakan pendekatan konstruktivis. Hal ini dapat dilihat dari hasil di siklus I pertemuan 1 yaitu: tahap pramenulis 60%, saat menulis 62%, dan tahap pascamenulis 69% dengan rata-rata 64 %, pertemuan 2 diperoleh hasil 69% tahap pramenulis, 75% tahap saat menulis, dan tahap pascamenulis 76% sehingga diperoleh rata- rata 73%. Sedangkan hasil di siklus II diperoleh 76% tahap pramenulis, 78% tahap saat menulis, dan 82% tahap pascamenulis dengan rata- rata 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Menulis Karangan Deskripsi, Pendekatan Konstruktivis, Kelas V SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 23 Jul 2025 02:20
Last Modified: 23 Jul 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item
View Item