Yunisma, Yunisma (2015) Peningkatan Keterampilan Makrame dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas V SDN 16 Sungai Sirah Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YUNISMA_1209568_1738_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_YUNISMA_1209568_1738_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YUNISMA_1209568_1738_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya penerapan proses pembelajaran keterampilan makrame di sekolah dasar. Berdasarkan observasi ditemukan beberapa permasalahan dalam pembelajaran makrame. Diantaranya adalah guru belum mendemonstrasikan langkah – langkah makrame dengan bermacam – macam simpul,dan tugas siswa sering kali diizinkan untuk diselesaikan di rumah sehingga penilaian yang dilakukan hanya penilaian hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran makrame dengan menggunakan model pembelajaran lansung. Jenis penelitian yang digunakan adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 11 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, hasil pengamatan dan refleksi. Sumber data diperoleh dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data berupa pe ngamatan dan penilaian dengan menggunakan lembar pengamatan dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada perencanaan pembelajaran nilai rata – rata yang diperoleh dari siklus I adalah 84,37% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Pada pelaksanaan pembelajaran nilai rata – rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 78,12% 9 (baik) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (sangat baik). Nilai rata – rata pada aspek siswa pada siklusI 75% (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 90,62%(sangat baik). Pada penilaian keterampilan siswa nilai rata – rata siklus I 77 meningkat pada siklus II menjadi 91. Dengan demikian model pembelajaran langsung dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran makrame di SD.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Makrame, Pembelajaran Langsung, Pembelajaran Seni, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:20 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16407 |