Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok pada Pelajaran Seni Musik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 22 Ulak Karang Utara Padang

Vanessa, Yunia (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Notasi Balok pada Pelajaran Seni Musik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung di Kelas IV SDN 22 Ulak Karang Utara Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUNIA_VANESSA_11921_5617_2013.pdf] Text
final_B1_6_YUNIA_VANESSA_11921_5617_2013.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa guru tidak menyampaikan dan mendemonstrasikan pengetahuannya dengan baik sehingga hasil pembelajaran seni musik siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran langsung bertujuan untuk menyampaikan pelajaran yang ditransformasikan langsung oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca notasi balok pada pelajaran seni musik dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan menggunanakan lembar observasi dan format penilaian proses dan hasil dan dianalisis dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari setiap siklus menunjukkan peningkatan. Persentase keberhasilan RPP pada siklus I adalah 76,79% dengan kualifikasi cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 92,15% dengan kualifikasi sangat baik. Persentase keberhasilan aktivitas guru siklus I adalah 75% dengan kualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 95% dengan kualifikasi sangat baik, perentase keberhasilan aktivitas siswa siklus I adalah 75% dengan kualifikasi cukup dan siklus II meningkat menjadi 90% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa dalam membaca notasi balok siklus I adalah 74,23 dan siklus II meningkat menjadi 83,69. Dengan demikian, dapat disimpulkan kemampuan membaca notasi balok siswa pada pelajaran seni musik dengan menggunakan model pembelajaran langsung dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Notasi Balok, Model Pembelajaran Langsung, Seni Musik, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:24
Last Modified: 25 Jul 2025 01:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16403

Actions (login required)

View Item
View Item