Rosmanita, Rosmanita (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Role Playing Dikelas V Sekolah Dasar Negeri 23 Lolong Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROSMANITA_17274_3706_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROSMANITA_17274_3706_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROSMANITA_17274_3706_2014.pdf
Download (420kB)
Abstract
Keterampilan berbicara dikelas V SD Negeri 23 Lolong Kecamatan Padang Utara masih tergolong rendah. Karena Guru kurang menggunakan metode yang sesuai dengan materi Pembelajaran keterampilan berbicara di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Keterampilan dengan menggunakan metode role playing di Sekolah Dasar Negeri 23 lolong Kecamatan Padang Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan II siklus. Siklus I dilaksanakan I kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan siklus I memperoleh persentase 72,72% dengan kualifikasi (B), dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,86% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan pada siklus I aktivitas guru memperoleh persentase 75% dengan kualifikasi (B), siklus II memperoleh persentase 90,90% dengan kualifikasi (SB). Pada aktivitas siswa siklus I memperoleh persentase 68,18% dengan kualifikasi (C), siklus II mengalami peningkatan menjadi 86,36% dengan kualifikasi (SB). Hasil Penilaian keterampilan berbicara pada siklus I dengan rata-rata 66,42 dengan kualifikasi (C). Pada siklus II hasil keterampilan berbicara dengan rata-rata dengan nilai 84,33 dengan kualifikasi (SB). Kesimpulan yang didapat dari penelitihan ini adalah metode role playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara dikelas V SD Negeri 23 lolong kecamatan padang utara.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Metode Role Playing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 02:19 |
Last Modified: | 23 Jul 2025 02:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16402 |