Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang

Zarmita, Yuni (2012) Penggunaan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 31 Pasir Kandang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUNI_ZARMITA_09598_3600_2012.pdf] Text
final_B1_6_YUNI_ZARMITA_09598_3600_2012.pdf

Download (707kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang hasil belajar siswa belum sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Karena rendahnya hasil belajar IPA, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 31 Pasir Kandang dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Tahap penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan. Dan data penelitian berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil tes. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 31 Pasir Kandang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari: (a) aspek afektif pada siklus I diperoleh 73,9% yang berada pada kriteria baik meningkat menjadi 78,92% pada siklus II yang berada pada kriteria baik. (b) aspek psikomotor siswa pada siklus I diperoleh 79,1% yang berada pada kriteria baik meningkat menjadi 86,58% pada siklus II yang berada pada kriteria sangat baik. (c) skor aspek kognitif pada siklus I meningkat dari 60% menjadi 79,6% pada siklus II yang berada pada kriteria baik, dimana semua siswa mampu mencapai KKM yang telah ditetapkan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 31 Pasir Kandang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPA, Contextual Teaching and Learning, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 23 Jul 2025 01:24
Last Modified: 25 Jul 2025 01:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item
View Item