Roslena, Roslena (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Bilangan Bulat Dengan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas IVSD Negeri 10 Kuamang Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROSLENA_52593_2631_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROSLENA_52593_2631_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROSLENA_52593_2631_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran operasi bilangan bulat dirasakan siswa sulit. Siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru karena cara penyampaian materi yang dilakukan guru masih secara ceramah.. Untuk memperbaikinya peneliti mencoba dengan metode inkuiri. Metode yang digunakan adalah metode inkuiri dengan penggunaan rancangan penelitian tindakan kelas,dengan prosedur meliputi 1)perencanaan, 2) pelaksanaan 3) pengamatan,dan 4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rencana pembelajaran dengan nilai siklus I pertemuan I adalah 64,28%, untuk siklus I Pertemuan II adalah 79% sampai dan siklus II adalah 96,49%. (2) Pelaksanaan pembelajaran untuk, aktivitas guru siklus I pertemuan I sampai dengan siklus II nilainya adalah 65%, 75% dan 95%.dan aktivitas siswa siklus I pertemuan I sampai siklus ke II adalah 55%, 75% dan 95%. (3) Hasil belajar operasi bilangan bulat dengan menggunakan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar operasi bilangan bulat siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian siswa pada siklus I yaitu dari50%.Naik menjadi63% Pada siklus II naik menjadi 95%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode Inkuiri Pada Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 00:17 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16383 |