Saogo, Ronal (2015) Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RONAL_SAOGO_58751_6138_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_RONAL_SAOGO_58751_6138_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RONAL_SAOGO_58751_6138_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan pembelajaran tematik terpadu pada tema 8 yang masih berpusat kepada guru sehingga hasil belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan yang diharapkan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran PKn menggunakan lembar pengamatan RPP, lembar pengamatan praktik pembelajaran PBL, lembar pengamatan aspek guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah dan guru dan siswa. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, siklus I dilakukan satu kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan, dan siklus III satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I pertemuan I adalah 62,20%, siklus I Pertemuan II adalah 76,70% pada siklus II meningkat menjadi 95,56%, (b) Pelaksanaan praktik pembelajaran PBL, pada siklus I pertemuan I adalah 69,05%, siklus I pertemuan II adalah 83,3% meningkat menjadi 92,8% pada siklus II, (c) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I 2,64, pada siklus I pertemuan II menjadi 3,04, dan pada siklus II meningkat menjadi 3,72. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Pembelajaran, Model Problem Based Learning (PBL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 23 Jul 2025 00:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 01:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16373 |