Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas IV SDN 02 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Rohima, Rohima (2012) Peningkatan Hasil Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) di Kelas IV SDN 02 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ROHIMA_BUDIATI_MARKANI_09416_2621_2012.pdf] Text
final_B1_6_ROHIMA_BUDIATI_MARKANI_09416_2621_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran masih sering didominasi oleh guru sebagai sumber belajar dan proses pembelajaran yang dilakukan guru belum mengaitkan pembelajaran dengan permasalahan nyata yang dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan pendekatan PMR. Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar KPK dengan pendekatan PMR pada siswa kelas IV SDN 02 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar KPK dengan pendekatan PMR bagi siswa IV SDN 02 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas berkenaan dengan perbaikan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tekhnik okservasi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Untuk pengumpulan data, diperoleh setelah melaksanakan tahapan kegiatan, yaitu 1) membuat perencanaan berupa penyususunan RPP yang melibatkan observer, pelaksanaan penelitian dengan mengikuti tahap-tahapan pendekatan PMR, 3) pengamatan dilakukan dengan berpedoman kepada lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa, dan 4) refleksi yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar KPK dengan menggunakan pendekatan PMR. Pada tindakan siklus I pertemuan I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas 8,14 dengan ketuntasan belajar hanya 64,29%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata kelas hasil belajar siswa 8,61 dengan ketuntasan belajar sudah mencapai 78,57%. Belum dapat dikatakan tuntas karena KKM yang ditetapkan sekolah adalah 75 sehingga berlanjut pada siklus II melalui perbaikan pada proses pembelajaran. Pada siklus II pertemuan I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata kelas 9,07 dengan persentase ketuntasan 85,71. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran KPK menggunakan pendekatan PMR dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar KPK bagi siswa IV SDN 02 Sungai Talang Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 23 Jul 2025 00:14
Last Modified: 25 Jul 2025 01:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16365

Actions (login required)

View Item
View Item