Irawan, Johan (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Creative Problem Solving pada Materi Fungsi Untuk Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_JOHAN_IRAWAN_16029014_899_2021.pdf [thumbnail of B1_01_JOHAN_IRAWAN_16029014_899_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_JOHAN_IRAWAN_16029014_899_2021.pdf
Download (9MB)
Abstract
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bahan ajar yang
mampu menunjang proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran.
LKPD memuat rangkaian kegiatan dengan tujuan pencapaian pemahaman akan
materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD
pada pokok bahasan fungsi untuk peserta didik kelas X SMA/MA dengan
menerapkan pembelajaran berbasis Creative Problem Solving.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Plomp
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan, dan
penilaian. Fase investigasi awal terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum,
dan analisis konsep. Pada fase pengembangan dilakukan evaluasi formatif yang
terdiri atas perancangan dan evaluasi sendiri, validasi oleh pakar dan evaluasi
perorangan. Validasi LKPD dilakukan oleh dua orang dosen matematika FMIPA
UNP dan satu orang pendidik matematika. Pada fase evaluasi perorangan, LKPD
diuji cobakan pada 3 orang peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Sutera yang
memiliki kemampuan kognitif heterogen. Kepraktisan LKPD dilihat dari hasil
angket praktikalitas terhadap angket respon peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data validitas menunjukkan bahwa LKPD
berbasis Creative Problem Solving telah memenuhi kriteria valid dari segi isi,
bahasa,penyajian dan kegrafikan. LKPD sudah praktis dari segi kemudahan
penggunaan, efisiensi waktu dan kemenarikan sajian, karena LKPD yang
dikembangkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Creative
Problem Solving pada materi fungsi untuk peserta didik kelas X SMA/MA yang
telah dihasilkan dapat dinyatakan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Penelitian pengembangan, Creative Problem Solving. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 05:59 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 05:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1636 |