Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Metode Role Playing di Kelas V SDN 42 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Nasri, Rahmi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Metode Role Playing di Kelas V SDN 42 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMI_NASRI_95481_2462_2012.pdf] Text
final_B1_6_RAHMI_NASRI_95481_2462_2012.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa nilai PKn siswa rendah. Hal ini disebabkan karena 1) guru lebih sering menggunakan metode ceramah 2) sering menyampaikan materi secara klasikal, 3) guru belum memberikan pengalaman belajar secara langsung sehingga kurang mengembangkan dan melatih sikap, nilai dan keterampilan siswa 4) kurang membimbing siswa dalam belajar kelompok, 5) kurang memvariasikan dengan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang di ajarkan. Permasalahan yang akan diteliti adalah Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan metode role playing di kelas V SDN 42 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan metode role playing di kelas V SDN 42 Baringin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai praktisi yang melaksanakan proses pembelajaran didalam kelas. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing dilaksanakan 3 tahap yaitu: 1) persiapan dan instruksi, 2) tindakan dramatik dan diskusi, 3) evaluasi role playing. Dari hasil penilaian rata- rata terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh persentase 75 % dan siklus II memperoleh 92 %, untuk aspek kognitif nilai rat-rata yang didapatkan siswa 67% meningkat pada siklus II menjadi nilai klasikal rata-rata 82%, dan aspek afektif pada siklus I diperoleh ketuntasan 66 % meningkat menjadi 80 % pada siklus II, selanjutnya dari penilaian aspek psikomotor diperoleh ketuntasan pada siklus I 63 % dan pada siklus II 82 %. Berdasarkan data tersebut maka hasil belajar yang diperoleh dengan menggunakan metode Role Playing mengalami peningkatan dari nilai rata-rata keseluruhan siklus I 66% meningkat 15% pada siklus II menjadi 81% pada siklus II. Oleh sebab itu Metode Role Playing dapat digunakan suatu referensi dalam pelaksanaan pembelajaran

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:21
Last Modified: 22 Jul 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item
View Item