Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai Kota Padang

Rahmadona, Yumardani (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Padang Sarai Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YUMARDANI_RAHMADONA_1200637_5259_2016.pdf] Text
final_B1_6_YUMARDANI_RAHMADONA_1200637_5259_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SDN 15 Padang bahwa guru kurang mengaitkan pembelajaran IPS dengan masalah-masalah nyata dikehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi pasif dan kurang dapat berpikir kritis selama pembelajaran berlangsung. Hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran IPSmasih rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS denganmodel Problem Based Learning di kelasIV SDN 15 Kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 15 Padang yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian RPP siklus I rata-rata 80,35% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II rata-rata 92,85% dengan kualifikasi amat baik. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I rata-rata 76,78% dengan kualifikasi cukup meningkat rata-rata 92,85% dengan kualifikasi amat baik pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I rata-rata 76,78% dengan kualifikasi cukup meningkat rata-rata 92,85% dengan kualifikasi amat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada penelitian Siklus I rata-rata kognitif 75,96 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II rata-rata 87,5 dengan kualifikasi baik. Afektif pada siklus I rata-rata 79,7 dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II rata-rata 93 dengan kualifikasi amat baik. Dengan demikian model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 15 Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:21
Last Modified: 22 Jul 2025 09:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16357

Actions (login required)

View Item
View Item