Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Model Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SD Negeri 12 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Irawati, Tesri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat dengan Model Belajar Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SD Negeri 12 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TESRI_IRAWATI_56802_2187_2015.pdf] Text
final_B1_6_TESRI_IRAWATI_56802_2187_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDN 12 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Hal ini disebabkan siswa masih berkerja sendiri-sendiri dalam menyelesaikan soal matematika dan tidak mau berbagi ilmu kepada temannya yang mempunyai kemampuan rendah. Untuk mengatasi masalah ini pendekatan dengan model STAD salah satu sangat efektif dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk rencana pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action reseach), Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,dilakukan dengan cara bekerja sama antara penulis dan pengamat. Prosedur penelitian sesuai komponen Penelitian Tindakan Kelas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penelitian ini, lembar observasi, lembar tes dan pencatatan lapangan.
Hasil penelitian RPP siklus I pertemuan I dan II adalah 68,75 % dan 71,87%. Siklus II pertemuan I dan II adalah 78,12% dan 84,30%. Dari pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I dan II adalah 62,50%,75,00%. Siklus II pertemuan I dan II adalah 83,33% 91,70%. Dari hasil aspek siswa siklus I pertemuan I dan II adalah 58,33%, 70,83%. Siklus II pertemuan I dan II adalah 75,00%, 87,50%. Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I dan II adalah 62,00%, 70,00%. siklus II pertemuan I dan II 70,00%, 80,00%. Dari hasil peneletian dapat disimpulkan bahwa materi penjumlahan bilangan bulat dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar di Kelas IV SD Negeri 12 Tanah Sirah Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Bilangan Bulat, Model Belajar Kooperatif, Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:20
Last Modified: 22 Jul 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16354

Actions (login required)

View Item
View Item