Yulnizar, Yulnizar (2013) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Bilangan Cacah dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas I SD Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULNIZAR_50609_3705_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULNIZAR_50609_3705_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULNIZAR_50609_3705_2013.pdf
Download (343kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di SDN 05 Puhun Pintu Kabun. bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, guru belum mengenalkan dunia nyata pada siswa. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar pengurangan bilangan cacah pada siswa, masih rendah. Untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar pengurangan bilangan cacah melalui pendekatan Matematika Realitik (PMR) di kelas 1 SD Negeri 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang meliputi : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan dan 4) refleksi. Penilaian secara kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat sebagai observer. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SDN 05 Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang mana : pada siklus I, nilai rata-rata 82,1% dan pada siklus II menjadi , 92,8%. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan Aktivitas guru juga mengalami peningkatan, pada siklus I, 82,14% dan pada siklus II diperoleh hasil 85,71%. sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, siklus I, 76,78% dan siklus II, 89,28. Peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada penilaian kognitif,afektif dan psikomotor, siklus I,75,25 dan siklus II, 87,46. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas menggunakan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengurangan Bilangan Cacah, Matematika Realistik, Hasil Belajar, Siswa Kelas I, Pembelajaran Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:20 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16353 |