Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media Konkret di Kelas I SDN 30 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Maimur, Maimur (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Media Konkret di Kelas I SDN 30 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MAIMUR_09514_2291_2013.pdf] Text
final_B1_6_MAIMUR_09514_2291_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti dan diskusi dengan observer di SDN 30 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, pembelajaran Keterampilan berbicara selama ini masih bersifat konvesional karena guru kurang menggunakan media yang bervariasi dalam pembelajaran. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran Keterampilan berbicara dengan media konkret pada siswa kelas I SDN 30 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa dan guru Kelas I SDN 30 Air Dingin Kecamatan Koto Tangah Kota Padang serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata hasil penilaian untuk RPP sebesar 86, aktivitas guru sebesar 75 dan aktivitas siswa sebesar 72. Untuk penilaian proses sebesar 62 dan penilaian hasil sebesar 65. Sedangkan hasil penilaian pada siklus II rata-rata yang diperoleh untuk penilaian RPP sebesar 89%, aktivitas guru sebesar 83 dan aktivitas siswa sebesar 80. Untuk penilaian proses sebesar 76 dan penilaian hasil sebesar 75. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Media konkret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:19
Last Modified: 22 Jul 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item
View Item