Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 18 Baringin Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar

Dewi, Tesis Indra (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Problem Solving di Kelas IV SD Negeri 18 Baringin Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_TESIS_INDRA_DEWI_07565_1771_2016.pdf] Text
final_B1_6_TESIS_INDRA_DEWI_07565_1771_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di kelas IVSD Negeri 18 Baringin Singgalang bahwa guru dalam proses pembelajaran IPS belum menggunakan metode yang bervariasi, kurang melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode problem solving di kelas IV SD Negeri 18 Baringin Singgalang Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu guru dan 26 orang siswa kelas IV yang terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes.
Hasil penelitian menunjukan adanya pengingakatan: a. hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,57% dengan kualifikasi baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 77,08% kualifikasi baik (B) meningkat menjadi 91,67% dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II dan dari aspek siswa siklus Imemperoleh nilai rata-rata 71,87% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada hasil penelitian siklus 1 dengan nilai rata-rata 72,96% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 87,84% dengan kualifikasi sangat baik (SB) pada siklus 2. Maka dapat disimpulkan penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, IPS, Metode Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:19
Last Modified: 22 Jul 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item
View Item