Syafdrina, Yulma (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV SDN 50 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULMA_SYAFDRINA_90245_876_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULMA_SYAFDRINA_90245_876_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULMA_SYAFDRINA_90245_876_2012.pdf
Download (901kB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi pengalaman penulis selama mengajar di kelas IV SDN 50 Kuranji Kota Padang siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika tentang pembelajaran operasi hitung campuran. Pada saat guru menjelaskan pelajaran tersebut di depan kelas siswa mengerti, tapi siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran meskipun sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari siswa. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil pembelajaran siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar operasi hitung campuran melalui pendekatan Realistik Mathematics Education (RME) di kelas IV SDN 50 Kuranji Kecamatan Kuranji kota Padang Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus.. penelitian ini dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran operasi hitung campuran dengan menggunakan Realistik Mathematic Education. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang . Berdasarkan hasil analisis data, maka dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada ranah kognitif h 6,5, ranah afektif 57,57 dan psikomotor 62 pada akhir siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 7,68, afektif menjadi 83, dan psikomotot 81,76. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam pembelajaran operasi hitung campuran dapat meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Operasi Hitung Campuran, Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:19 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16347 |