Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota

Rahmadani, Tesa (2021) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_Tesa_Rahmadani_17129183_834_2022.pdf] Text
final_B1_6_Tesa_Rahmadani_17129183_834_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika karena kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran matematika yang dilakukan oleh guru. Guru dalam melaksanakan pembelajaran belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang inovatif. Pemilihan model pembelajaran juga tidak disesuaikan dengan karakter siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme pada pembelajaran keliling dan luas bangun datar di kelas IV.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang dialksanakan dalam dua siklus. Suklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian meliputi meliputi emat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada: a) RPP siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata presentase 90,24% dengan kriteria baik (B) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 94% dengan predikat (SB), b) pelaksanaan aktivitas guru siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,35% dengan kriteria baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 89,28% dengan kriteria baik (B), c) pelaksanaan aktivitas siswa siklus I memperoleh peningkatan dengan rata-rata persentase 80,35% dengan predikat baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kriteria (SB), dan d) hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata hasil belajar 74,89.dengan predikat (C) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 91,04 dengan predikat (SB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV UPTD SDN 03 Banja Loweh Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontruktivisme, Keliling dan Luas Bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Riska Monika Yanti
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:17
Last Modified: 22 Jul 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16334

Actions (login required)

View Item
View Item