Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Polya terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Padang Panjang

Hidayat, Ikhsan (2012) Pengaruh Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Polya terhadap Hasil Balajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_IKHSAN HIDAYAT_05053_2012.pdf] Text
B1_5_IKHSAN HIDAYAT_05053_2012.pdf

Download (575kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa siswa mengalami
kesulitan dalam memecahkan masalah fisika terutama soal-soal analisis. Salah
satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi pemecahan masalah Polya.
Strategi pemecahan masalah Polya merupakan strategi penyelesaian soal dengan
menggunakan enam langkah penyelesaian yang sistematis. Penelitian ini
bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi pemecahan masalah
Polya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang.
Jenis penelitian ini adalah ”Quasi experimental” dengan rancangan
penelitian ”randomized control group only design”. Populasi penelitian ini adalah
siswa kelas X SMAN 2 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran
2011/2012 sebanyak 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
“cluster sampling”. Kelas yang dipilih untuk menjadi sampel adalah kelas X1 dan
kelas X2. Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah
kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian
menggunakan uji kesamaan dua rata-rata untuk ranah kognitif, sedangkan ranah
afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif.
Berdasarkan data hasil penelitian, diperoleh data pada ranah kognitif dan
afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,24 lebih
tinggi dari kelas kontrol yaitu 72,88. Hasil analisis uji t, diperoleh thitung = 2,12
dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung berada di luar daerah
penerimaan Ho, maka Hi diterima. Pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata
kelas eksperimen 80,29 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 74,06. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan
strategi pemecahan masalah Polya terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X
SMAN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:17
Last Modified: 22 Jul 2025 09:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16333

Actions (login required)

View Item
View Item