Yulizarni, Yulizarni (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri No. 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULIZARNI_95356_3523_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULIZARNI_95356_3523_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULIZARNI_95356_3523_2013.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa siswa dalam proses pembelajaran hanya pasif dan tidak terlibat secara penuh untuk menemukan materi yang dipelajari, guru kurang menggali pengetahuan siswa ,guru kurang mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran yang dapat memfungsikan seluruh indra siswa.Guru dalam pembelajaran IPS pada umumnya hanya menggunakan metode konvensional. Sehingga anak beranggapan bahwa pelajaran IPS hanya pelajaran hafalan. Penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan CTL pada siswa kelas IV SDN 21 Batang Anai Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2012/2013 di SD Negeri 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, dengan subjek penelitian berjumlah 30 orang, yang terdiri dari peserta siswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan adalah 14 orang. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Rancangan Penelitian ini meliputi; perencanaan tindakan ,pelaksaan tindakan ,observasi dan refleksi Dari hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 73% dan siklus II meningkat menjadi 87% .Dalam pelaksanaan aktifitas guru nilai rata-rata siklus I 79% dan siklus II meningkat menjadi 92,8% .pelaksanaan aktifitas siswa nilai rata-rata siklus I 76% meningkat menjadi 87,5 %.Dari hasil aspek kognitif nilai rata-rata pada siklus I adalah 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 80,46% .Untuk ranah afektif nilai rata-rata siswa meningkat dari 76% pada siklus I menjadi 84,81% pada siklus II. Sedangkan untuk ranah psikomotor terjadi peningkatan nilai rata-rata 76 pada siklus I meningkat menjadi 81% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial, Siswa Sekolah Dasar, Pembelajaran Aktif |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16326 |