Oktariza, Nadiathul (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 04 Paninggahan Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_NADIATHUL_OKTARIZA_16129197_4186_2020.pdf [thumbnail of final_B1_6_NADIATHUL_OKTARIZA_16129197_4186_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_NADIATHUL_OKTARIZA_16129197_4186_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran tematik terpadu. Kecendrungan guru melakukan pembelajaran yang hanya menyampaikan materi-materi secara langsung dan kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran, serta kurang optimal dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di kelas V SDN 04 Paninggahan Kab. Solok. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan hasil tindakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. Subjek penelitian adalah guru dan14 orang siswa kelasV SDN 04 Paninggahan Kab. Solok. Hasil penelitian dari segi perencanaan terlihat adanya peningkatan dari siklus I yaitu belum terlaksananya langkah-langkah pada RPP pada pelaksanaan pembelajaran meningkat pada siklus II setiap langkah-langkah yang ada pada RPP semuanya sudah dapat dilaksanakan pada pelaksanaan. Pada proses pembelajaran, terlihat adanya dan peningkatan perencanaan RPP yaitu pada siklus I yang pencapaian rata-ratanya76,56% dengan kategori cukup (C) meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB), aktivitas guru dari siklus I yang pencapaian rata-ratanya adalah 81,26% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 90,6% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Juga terlihat peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yang pencapaian rata-ratanya adalah 76,13% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 82,51% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I yang pencapaian nilai rata-ratanya siklus I memperoleh nilai rata-ratanya 69,02% kategori Cukup meningkat menjadi 82,51% kategori Baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Paninggahan Kab. Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Tematik Terpadu, Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Ray Yanarzon |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16324 |