Maidarnis, Maidarnis (2012) Peningkatan Keterampilan Siswa dalam Pembelajaran Makrame Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas V SD Negeri 02 VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_MAIDARNIS_50521_376_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_MAIDARNIS_50521_376_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_MAIDARNIS_50521_376_2013.pdf
Download (955kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD 02 VII Koto Talago, peneliti sebagai guru kelas V dalam mengajarkan keterampilan belum sesuai dengan semestinya, sehingga siswa tidak termotivasi dan tidak kreatif dalam pembelajaran keterampilan. Sehinnga nilai siswa banyak yang dibawah Kriteria Ketuntasa Minimal. Untuk ini peneliti tertarik untuk memperbaiki Proses pembelajaran keterampilan makrame melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode demonstrasi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran makrame dengan menggunakan metode demonstrasi di Kelas V SD Negeri 02 VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kab. Lima Puluh Kota. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan format penilaian proses dan penilaian hasil. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan tehadap pengamatan RPP pada siklus I dengan rata-rata 79 dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92 pada siklus ke II dengan kualifikasi sangat baik. Pengamatan terhadap aspek guru dengan nilai 72 dengan kualifikasi baik pada siklus I, meningkat menjadi 90 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II dan aspek siswa dengan nilai 72 dengan kualifikasi baik pada siklus I meningkat menjadi 88 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Perolehan nilai siswa meningkat dari 73 dengan kualifikasi baik pada siklus I menjadi 83 dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran makrame di kelas V SD Negeri 02 VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kab. Lima Puluh Kota.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan keterampilan, Metode demonstrasi, Pembelajaran makrame |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16322 |