Yulizar, Yulizar (2013) Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Teknik Mind Map di Kelas V SD 06 Balai-Balai Padang Panjang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULIZAR_58425_1530_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULIZAR_58425_1530_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULIZAR_58425_1530_2013.pdf
Download (529kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman penulis mengajar Kelas V SD 06 Balai-Balai Padang Panjang bahwa keterampilan berbicara siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Siswa kurang berani berbicara di depan temannya, (2) siswa tidak mampu menceritakan kegiatan yang dilakukannya setiap hari. (3) Selain itu siswa tidak mau mengeluarkan pendapatnya. (4) Siswa kurang mampu memberikan tanggapan terhadap suatu persoalan. (5) Siswa kurang mampu memberikan alasan terhadap suatu peristiwa. (6) Siswa kurang berani dalam menceritakan apa yang dilihatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Peningkatan keterampilan berbicara siswa dengan teknik Mind Map Di Kelas V SD 06 Balai-Balai Padang Panjang Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 35 orang dengan uraian 19 orang laki-laki dan 16 orang perempuan ditambah satu orang guru kelas VI sebagai obsever. Hasil penilaian keterampilan berbicara siswa dengan teknik mind map dilakukan pada tiga ranah yaitu ranah psikomotor dalam pembuatan mind map, afektif yaitu sikap siswa dalam belajar, dan penilaian berbicara siswa. Uraian masing-masing tahap adalah sebagai berikut: Hasil penilaian psikomotor yaitu pembuatan mind map siklus I dan siklus II adalah siklus I 73 dan siklus II menjadi 88. Hasil penilaian afektif siswa siklus I yaitu 67 dan siklus II naik menjadi 86. Hasil penilaian berbicara siswa yaitu siklus I yaitu 68 dan siklus II naik menjadi 84. Jadi teknik mind map dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara, Teknik Mind Map, Pembelajaran Aktif, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:16 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16321 |