Dewi, Ike Gemala (2012) Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Fisika berbasis ”Contextual Teaching And Learning” (CTL) dalam Bentuk CD terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_IKE GEMALA DEWI_86261_2012.pdf [thumbnail of B1_5_IKE GEMALA DEWI_86261_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_IKE GEMALA DEWI_86261_2012.pdf
Download (696kB)
Abstract
Kurangnya minat belajar dan rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA
Negeri 3 Padang Panjang disebabkan kurangnya variasi strategi pembelajaran dan
media yang digunakan guru juga kurang menarik. Penelitian ini menerapkan
penggunaan media dalam bentuk modul elektronik pada pendekatan kontekstual.
Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis ”contextual teaching and
learning” (CTL) dalam bentuk CD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X
SMAN 3 Padang Panjang.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimental research)
dengan rancangan “Randomized Control Group Only Design”. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa pada kelas X di SMA Negeri 3 Padang Panjang yang
terdaftar pada tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian adalah siswa
kelas X2 dan siswa kelas X3 yang homogen secara kognitif. Kedua kelas sampel
ditentukan melalui teknik ”cluster random sampling” sehingga terpilih kelas X2
sebagai kelas eksperimen dan X3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif, pengamatan/observasi untuk
ranah afektif. Teknik analisis data melalui uji kesamaan dua rata-rata yang sesuai
yaitu uji t baik pada pada hasil belajar ranah kognitif maupun afektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelas
eksperimen adalah 77,25 sedangkan kelas kontrol 70,32. Kemudian pada ranah
afektif, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 82,94
sedangkan kelas kontrol nilai rata–rata 79,23. Dengan menggunakan uji t maka di
dapatkan harga thitung > ttabel yang berarti harga t berada di luar daerah Ho sehingga
Hi diterima. Maka hipotesis kerja berbunyi ”terdapat pengaruh penggunaan modul
pembelajaran fisika berbasis contextual teaching and learning (CTL) dalam
bentuk CD terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 3 Padang Panjang”.
Dengan demikian modul pembelajaran fisika berbasis CTL dapat mempengaruhi
hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 09:15 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 09:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16318 |