Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang

Afriyani, Rahmi (2016) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMI_AFRIYANI_1200690_5023_2016.pdf] Text
final_B1_6_RAHMI_AFRIYANI_1200690_5023_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi pecahan masih rendah, dan guru kurang membiasakan menggunakan langkah-langkah yang telah dijelaskan pada tuntutan kurikulum dalam pembelajaran soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada materi pecahan dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: a) pada pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I diperoleh rata- rata 73,2 % (B) meningkat menjadi 81,2% (SB) pada siklus II, pada aspek siswa yaitu 71,4 % (B) meningkat menjadi 80,3% (SB) pada siklus II, b) kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi pecahan mengalami peningkatan, pada penilaian kognitif siklus I nilai rata-rata 73,5 (C) meningkat pada siklus II menjadi 88,2 (SB), pada penilaian afektif nilai rata-rata siklus I 67,9 (C) pada siklus II meningkat menjadi 82,0 (SB) Dengan demikian, Pendekatan Contextual Teachinpg and Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pecahan di Kelas IV SDN 03 Bandar Buat Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah,Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:15
Last Modified: 22 Jul 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16317

Actions (login required)

View Item
View Item