Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas IV SDN 04 Piobang Kecamatan Payakumbuh

Wahyuni, Mai (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di Kelas IV SDN 04 Piobang Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_MAI_WAHYUNI_93661_2873_2012.pdf] Text
final_B1_6_MAI_WAHYUNI_93661_2873_2012.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa melalui penggunaan pendekatan kooperatif tipe CIRC di kelas IV SDN 04 Piobang . Kenyataan di lapangan yang menerapkan pembelajaran secara konvensional diduga menimbulkan kejenuhan pada diri siswa sehingga berdampak negatif pada keterampilan membaca siswa khususnya membaca pemahaman, sehingga pembelajaran kurang menarik dan rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami makna sebuah bacaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui tahap studi pendahuluan, refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 04 Piobang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembaran observasi dan lembaran tes yang digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian siklus I pada keterampilan membaca pemahaman siswa tahap prabaca dengan rata-rata perolehan nilai dalam persen adalah 62 % sedangkan pada siklus II adalah 72 %. Tahap saat baca, rata-rata perolehan nilai siswa pada siklus I adalah 78 % sedangkan pada siklus II adalah 84%. Tahap pascabaca, rata-rata perolehan nilai siswa pada siklus I adalah 68 % sedangkan pada siklus II adalah 85 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan koopertaif tipe CIRC dapat digunakan untuk peningkatan keterampilan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan membaca pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Shahudul Farid
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:15
Last Modified: 22 Jul 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item
View Item