Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) di Kelas V SDN 17 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Yulita, Yulita (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) di Kelas V SDN 17 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULITA_56731_6078_2015.pdf] Text
final_B1_6_YULITA_56731_6078_2015.pdf

Download (618kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran IPS,guru hanya berceramah dengan arti kata pembelajaran berfokus pada guru dan siswa tidak aktif dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapat informasi tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif Type Team Games Tournament (TGT). Pendekatan yang digunakan kualitatif dan kuantitatif.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas V SDN 17 Batu Gadang.Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus tiga kali pertemuan. Setiap siklus dalm penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan,pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian siklus I pertemuan I perencanaan RPP adalah75% dengan Kriteria taraf keberhasilan cukup,Siklus I pertemuan II adalah 86% dengan kriteria taraf keberhasilan baik dan siklus II meningkat menjadi 96 dengan kriteria sangat baik.Pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I adalah 71% dengan kriteria taraf keberhasilan cukup,siklus I pertemuan II adalah 82% dengan kriteria baik,dan siklus II meningkat menjadi 96 taraf keberhasilan sangat baik.Hasil pengamatan aspek siswa siklus I pertemuan I adalah68% dengan kriteria taraf keberhasilan cukup,siklus I pertemuan II adalah 82% dengan kriteria taraf keberhasilan baik,dan siklus II meningkat menjadi 93 dengan kriteria sangat baik.Hasil belajar siklus I pertemuan I adalah 64 dengan kriteria cukup,pertemuan II adalah 81 dengan kriteria baik, dan siklus II meningkat 94 dengan kriteria sangat baik.Dengan demikian pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 17 Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model TGT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 09:15
Last Modified: 22 Jul 2025 09:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16314

Actions (login required)

View Item
View Item