Peningkatan Keterampilan Menulis Surat dengan Menggunakan Peta Konsep di Kelas IV SD 11 Ekor Lubuk Padang Panjang Timur

Yulismar, Yulismar (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat dengan Menggunakan Peta Konsep di Kelas IV SD 11 Ekor Lubuk Padang Panjang Timur. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULISMAR_58430_1188_2013.pdf] Text
final_B1_6_YULISMAR_58430_1188_2013.pdf

Download (565kB)

Abstract

Keterampilan menulis surat siswa di SD 11 Ekor Lubuk Padang Panjang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Siswa kurang mampu menyampaikan secara tertulis pengalaman atau kejadian yang pernah dialaminya, (2) Siswa kurang mampu melahirkan kalimat yang sesuai dengan maksud yang akan disampaikannya, (3) Siswa kurang mampu membedakan kalimat pembuka dalam surat dengan isi surat, (4) Siswa kurang mampu membuat kalimat penutup dalam surat, (5) Siswa kurang mampu menyusun kalimat dengan baik sehingga bagian surat kurang menyatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat pada tahap pramenulis, saat menulis dan pasca menulis dengan menggunakan Peta Konsep di Kelas IV SD 11 Ekor Lubuk Padang Panjang Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Langkah penelitian menulis surat dilakukan tiga tahap yaitu: pramenulis, saatmenulis dan pascamenulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang jumlah 28 orang dengan uraian 15 orang laki-laki dan 13 orang perempuan ditambah satu orang guru kelas V sebagai obsever. Data penelitian ini adalah: Perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I dan siklus II, pelaksanaan proses pembelajaran keterampilan menulis surat dengan peta konsep dan hasil penilaian menulis surat. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: Hasil penilaian menulis surat pada tahap pramenulis ini sudah baik. Siswa mudah dan merasa terbantu dengan peta konsep dalam mengeluarkan idenya dalam menulis surat. Hasil penilaian pramenulis siswa siklus I adalah 77 dan siklus II naik menjadi 79. Hasil penilaian menulis surat pada tahap saatmenulis siklus I adalah 70 dan siklus II naik menjadi 80. Hasil penilaian menulis surat pada tahap pascamenulis siklus I adalah 71 dan siklus II naik menjadi 81. Dengan penggunaan peta konsep, hasil penilaian menulis surat siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Surat, Peta Konsep, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:48
Last Modified: 22 Jul 2025 08:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16302

Actions (login required)

View Item
View Item