Kontribusi Minat Bekerja dan Bimbingan Karir terhadap Hasil Belajar Produktif Teknik Komputer Jaringan Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Batusangkar

Prima, Alse Besly (2017) Kontribusi Minat Bekerja dan Bimbingan Karir terhadap Hasil Belajar Produktif Teknik Komputer Jaringan Kelas XII TKJ SMK Negeri 1 Batusangkar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_06_ALSE_BESLY_PRIMA_97915_4982_2017.pdf] Text
B1_06_ALSE_BESLY_PRIMA_97915_4982_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi Minat Bekerja dan Bimbingan Karir terhadap hasil belajar produktif Teknik Komputer Jaringan kelas XII TKJ di SMKN 1 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dan sampel penelitian berjumlah 30 orang siswa kelas XII Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMKN 1 Batusangkar.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Randm Sampling), denagan
jumlah 23 orang. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat sistem operasi dasar SMKN 1 Batusangkar. Sedangkan data Minat Bekerja Karir dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert
yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan metode statistik dengan bantuan Microsoft Exel 2010 dan SPSS 20. Hasil analisis
data menunjukkan: (1) Minat Bekerja berkontribusi sebesar 17,47% terhadap hasil belajar; (2) Bimbingan Karir berkontribusi sebesar 15,13 % terhadap hasil belajar;
(3) Minat Bekerja dan Bimbingan Karir secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 33,10% terhadap hasil belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa Minat Bekerja dan Bimbingan Karir berkontribusi terhadap hasil belajar. Semakin
tinggi Minat Bekerja dan Bimbingan Karir di Sekolah, maka hasil belajar akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:47
Last Modified: 22 Jul 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16298

Actions (login required)

View Item
View Item