Pengaruh Penerapan Metode Kolaboratif menggunakan LKS Kontekstual terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam

Yufithria, Rahmi (2012) Pengaruh Penerapan Metode Kolaboratif menggunakan LKS Kontekstual terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMI YUFITRIA_86252.pdf] Text
final_B1_6_RAHMI YUFITRIA_86252.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kompetensi Fisika siswa baik pada ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Rendahnya kompetensi siswa disebabkan karena keaktifan dan interaksi belajar siswa kurang. Siswa tidak terbiasa untuk bersikap kritis dalam memahami materi yang dipelajari dan berinteraksi dengan berbagai sumber belajar, teman maupun guru. Untuk meningkatkan keaktifan dan interaksi siswa digunakan metode Kolaboratif menggunakan LKS Kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode Kolaboratif menggunakan LKS Kontekstual terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X SMAN 1 2x11 Kayu Tanam yang terdaftar pada tahun ajaran 2011/2012. Kelas sampel ditentukan melalui teknik Cluster Random Sampling. Alat pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif dan psikomotor. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05, sedangkan ranah afektif dan psikomotor melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif. Dari analisis data dapat dikemukakan dua hasil penelitian ini. Petama, kompetensi pada ranah kognitif secara rata-rata di kelas eksperimen adalah 75,44 dan di kelas kontrol adalah 69,00. Pada ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 82,1% dan di kelas kontrol adalah 67,35%. Pada ranah psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 92,25% dan di kelas kontrol adalah 88%. Kedua, penerapan metode Kolaboratif menggunakan LKS Berbasis Kontekstual memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi Fisika siswa baik pada ranah kognitif, afektif maupun pada ranah psikomotor.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kolaboratif,LKS,Fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:46
Last Modified: 22 Jul 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16297

Actions (login required)

View Item
View Item