Yulismar, Yulismar (2012) Penggunaan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas IV SD Negeri 14 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULISMAR_09581_3967_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULISMAR_09581_3967_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULISMAR_09581_3967_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model pembelajaran konvensional, dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournaments (TGT) yang menjadikan siswa pusat pembelajaran itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran PKn di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar PKn di kelas IV SD Negeri 14 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, tes, dan lembar pengamatan. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang heterogen dimana siswa memainkan permainan dengan tim. Model pembelajaran ini dilakukan melalui 5 tahap, dimulai dari persentasi kelas, belajar kelompok, permainan, pertandingan (turnamen) dan penghargaan kelompok. Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa di kelas IV SD Negeri 14 Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Dari hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama rata-rata nilai aspek afektif 68 serta pada aspek psikomotor 68 dan aspek kognitif diperoleh nilai dengan rata-rata 67. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I rata-rata nilai aspek afektif 74 serta pada aspek psikomotor 72 dan aspek kognitif 68 dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II yaitu pada penilaian proses aspek afektif dengan nilai rata-rata 84 serta pada aspek psikomotor 81 dan pada aspek kognitif untuk penilaian hasil diperoleh nilai dengan rata-rata 82.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif, Team Games Tournaments, Hasil Belajar, PKn, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16296 |