Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas IV SDN 13 Ranah Batahan Pasaman Barat Kata Kunci : Hasil Belajar, Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga, Contextual Teaching and Learning

Rohayati, Rohayati (2013) Peningkatan Hasil Belajar Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning di Kelas IV SDN 13 Ranah Batahan Pasaman Barat Kata Kunci : Hasil Belajar, Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga, Contextual Teaching and Learning. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ROHAYATI_58342_5783_2013.pdf] Text
final_B1_6_ROHAYATI_58342_5783_2013.pdf

Download (442kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga masih rendah, yang disebabkan oleh ketidaktepatan guru menggunakan pendekatan pembelajaran yang digunakan. Guru belum melibatkan siswa untuk menentukan materi yang dipelajarinya dan menghubungkan serta menerapkannya dalam kehidupan siswa, dalam hal ini peneliti menerapkan Pendekatan CTL. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Keliling dan Luas jajargenjang dan segitiga dengan Pendekatan CTL. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 13 Ranah Batahan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi. Hasil penelitian tentang kemampuan guru dalam merancang pembelajaran pada siklus I dengan persentase 86% kategori sangat baik, dan siklus II dengan persentase 96 % dengan kategori sangat baik. Pelaksanaan kegiatan guru pada siklus I 77%, pada siklus II meningkat menjadi 97% , dan pada aktivitas siswa pada siklus I persentase 66% dan pada siklus II 95%. Hasil penilaian siklus I pertemuan I 74 dengan persentase ketuntasan 75%, pertemuan II 67 dengan persentase ketuntasan 60%. Siklus II, pertemuan pertama 71,83 dengan persentase ketuntasan 60%. Siklus II, pertemuan pertama 71,83 dengan persentase ketuntasan 75%, dan pada pertemuan II yakni 79 dengan persentase ketuntasan 90 %. Dengan demikian dapat disimpulkan menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga dengan menggunakan pendektan CTL dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Luas Jajargenjang dan Segitiga, Pendekatan Contextual Teaching Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:46
Last Modified: 22 Jul 2025 08:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16293

Actions (login required)

View Item
View Item