Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara

Rahmayani, Rahmayani (2014) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMAYANI_18045_5470_2014.pdf] Text
final_B1_6_RAHMAYANI_18045_5470_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan rendah. Hal ini disebabkan guru belum sepenuhnya membimbing siswa dan mengembangkan keterampilan berfikir siswa sehingga karangan siswa belum tertata dengan baik. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi menggunakan strategi Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini peneliti dan siswa kelas IV berjumlah 24 orang. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus yang terdiri dari 2 kali pertemuan setiap siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 72.22% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 94.44% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II dan dari aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai 68.89% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 86.11% dengan kualifikasi sangat baik pada siklus II. Pada siklus I tahap prapenulisan 68.75, tahap penulisan 68.75, dan pada tahap pascapenulisan 71.87. Nilai rata-rata siswa siklus I adalah 69,79. Pada siklus II tahap prapenulisan 84.37, tahap penulisan 79.94, dan pada tahap pascapenulisan 84.37. Nilai rata-rata siswa siklus II adalah 82.89. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menulis karangan deskripsi menggunakan strategi TTW dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kecamatan Padang Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis,think talk write
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:45
Last Modified: 22 Jul 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16287

Actions (login required)

View Item
View Item