Rohani, Rohani (2012) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Pengurangan dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas I SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROHANI 57104_368_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROHANI 57104_368_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROHANI 57104_368_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan pembelajaran di kelas I Sekolah Dasar (SD) belum menggunakan pendekatan realistik. Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat bahwa guru kelas I SD mengajarkan matematika masih dengan cara tradisional dengan arti kata belum mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang pembelajaran operasi hitung pengurangan dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan hasil belajar matematika yang meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir, dan (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuntitatif yang terdiri dari dua siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek peneliti adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas I yang berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar Operasi Hitung Pengurangan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai pada siklus I diperoleh rata-rata kognitif 69.08, afektif 68.57 dan psikomotor 71.63 dan pada siklus II rata-rata kognitif 82,25, afektif 81.20 dan psikomotor 95.10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I SD Negeri 09 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Olek sebab itu, disarankan agar guru dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik dengan tujuan untuk dapat meningkatkan hasil dan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Operasi Hitung Pengurangan, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16284 |