Rofda, Rofda (2012) Peningkatan Hasil Belajar Pengurangan Pecahan dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 06 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ROFDA_58358_109_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ROFDA_58358_109_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ROFDA_58358_109_2013.pdf
Download (751kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SD Negeri 06 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat, peneliti sebagai guru kelas IV dalam mengajarkan matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran dan sulit memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada pengurangan pecahan melalui pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan konstruktivisme ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar pengurangan pecahan dengan pendekatan konstruktivisme di Kelas IV SD Negeri 06 Sungai Aur Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri atas dua siklus yaitu sisklus I dan II setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Sungai aur. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dan analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada penilaian aspek kognitif siklus I rata-rata 71,32 meningkat menjadi 84,37 pada siklus II, rata-rata nilai afektif siklus I adalah 71,55 menjadi 84,5 pada siklus II dan rata-rata penilaian psikomotor siklus I adalah 74,87 menjadi 88,3 pada siklus II. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi pengurangan pecahan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:43 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16280 |