Yuliane, Yuliane (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Sekilas dengan Menggunakan Model Talking Stick pada Siswa Kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULIANE_93769_4522_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULIANE_93769_4522_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULIANE_93769_4522_2012.pdf
Download (470kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam membaca sekilas. Siswa kurang mampu menemukan informasi yang terdapat dalam teks dengan cepat dengan menggunakan model Talking Stick. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca sekilas dengan model talking stick. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini menggunakan lembaran observasi untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam membaca sekilas sebuah teks. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang peningkatan kemampuan membaca sekilas pada tahap prabaca, tahap baca dan pascabaca. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran membaca sekilas dengan menggunakan model talking stick pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca sekilas siswa mengalami peningkatan, Pada siklus I sebagian besar siswa masih kurang mampu membaca sekilas. Sehingga dilakukan bimbingan kepada siswa pada masing – masing langkah pembelajaran talking stick. Pada siklus II siswa sudah mampu membaca sekilas, sehingga nilai rata – rata membaca sekilas siswa mengalami peningkatan dari 62,5 pada siklus I menjadi 77,2 pada siklus II. Dengan tingkat ketuntasan 50 % pada siklus I menjadi 90 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan membaca sekilas pada siswa kelas IV SD Negeri 37 Sungai Bangek Kecamatan Koto Tangah Kota Padang karena dapat melatih siswa membaca, memahami dan menemukan informasi dari teks bacaan yang dibaca dengan cepat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca Sekilas, Model Talking Stick, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Peningkatan Kemampuan Membaca, Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16278 |