Sahar, Rahmawati (2016) Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas II SDN 29 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMAWATI_SAHAR_53414_5919_2016S.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMAWATI_SAHAR_53414_5919_2016S.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMAWATI_SAHAR_53414_5919_2016S.pdf
Download (684kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pada pelaksanaan guru belum nampak mengajak siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran, guru juga kurang melatih siswa untuk berpikir secara mandiri sehingga siswa terbiasa menerima saja apa yang diberikan oleh guru, guru juga kurang mengembangkan keterampilan siswa sehingga siswa kurang mampu dalam mengerjakan sesuatu tanpa bimbingan guru. guru juga kurang mengerti soal penilaian dalam kurikulum 2013 ini sehingga berpengaruh pada proses belajar mengajar. Terkadang siswa jadi terabaikan karena guru sibuk mengerjakan penilaian tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 29 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kab. Agam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas II SD Negeri 29 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, dengan jumlah siswa 17 orang. Peneliti berperan sebagai praktisi, teman sejawat berperan sebagai observer. Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dalam a) RPP siklus I yaitu 72,2%, dan RPP siklus II 91,6%. b) Pengamatan pada aspek guru siklus I yaitu: 71,42% dan pada siklus II yaitu 92,85%. c) Pengamatan pada aspek siswa siklus I yaitu 71,42% dan pada siklus II yaitu 92,85%. d) Hasil belajar pada siklus I yaitu 2,73 dengan predikat B- dan pada siklus II 3,75 dengan predikat A-. Dapat disimpulkan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di kelas II SDN 29 Geragahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saintifik,pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:40 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16274 |