Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman

Dewi, Yuliana (2016) Penggunaan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIANA_DEWI_ 93562_5851_2016.pdf] Text
final_B1_6_YULIANA_DEWI_ 93562_5851_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik kabupaten Padang dalam pembelajaran IPA bahwa guru kurang bisa melibatkan siswa secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan memahami pembelajaran yang dilakukan. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimal adalah75).Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas V SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian terhadap pelaksanaan pembelajaran kegiatan guru siklus Idiperoleh rata-rata 74,99 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 94,85. Hasil penelitian terhadap pelaksanaan kegiatan siswa siklus I diperoleh rata-rata 67,85 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 91,06. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 69,70 mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82,22. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 10 VII Koto Sungai Sarik Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:37
Last Modified: 22 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16270

Actions (login required)

View Item
View Item