Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang

Erwin, Rahmawati (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RAHMAWATI_ERWIN_1200601_4608_2016.pdf] Text
final_B1_6_RAHMAWATI_ERWIN_1200601_4608_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di SD Pembangunan Laboratorium UNP bahwa guru belum memilih model pembelajaran yang tepat, sehingga siswa kurang dibimbing untuk melakukan penyelidikan dan menemukan sendiri terkait dengan materi pembelajaran yang dipelajari. Persoalan ini menyebabkan siswa kurang mampu menganalisis masalah yang ditemukan serta mengembangkan pengetahuan yang dimiliki guna memecahkan suatu permasalahan. Hal ini berdampak kepada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV berjumlah 14 orang siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 78,57% (B), meningkat pada siklus II menjadi 89,29% (SB). Hal ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 78,12% (B) meningkat menjadi 90,62% (SB) pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I memperoleh hasil 75% (C) meningkat menjadi 87,50% (SB) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I 75,76% (B) meningkat menjadi 86,54% (SB) pada siklus II. Melihat hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran IPS menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar,model Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:37
Last Modified: 22 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16268

Actions (login required)

View Item
View Item