Maisa, Lyodra (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LYDORA MAISA_04306_4523_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_LYDORA MAISA_04306_4523_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LYDORA MAISA_04306_4523_2012.pdf
Download (318kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman masih didominasi oleh guru dan jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 66. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Ganggo Hilia Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 05 Ganggo HiliaKecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 13 orang perempuan dan 11 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil penilaian terhadap RPP yang dapat dilihat dari persentase perolehan yang terus meningkat dari siklus I pertemuan I 85,71% dengan kategori sangat baik, siklus I pertemuan II 92,85% dengan kategori sangat baik ke siklus II menjadi 96,43% dengan kategori sangat baik. Kemudian hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan guru juga mengalami peningkatan dilihat dari persentase perolehan, dari siklus I pertemuan I 70,31% dengan kategori baik, siklus I pertemuan II 85,94% dengan kategori sangat baik ke siklus II menjadi 93,75% dengan kategori sangat baik sedangkan hasil penilaian terhadap pelaksanaan tindakan siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I 68,75% dengan kategori cukup, siklus I pertemuan II 81,25% dengan kategori sangat baik ke siklus II menjadi 95,31% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari rata-rata skor perolehan juga mengalami peningkatan dari siklus I hanya 69,91 meningkat pada siklus II menjadi 81,29. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan cooperative learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Cooperative Learning, Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16264 |