Ulfa, Aria (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Scientific Inquiry Berbantuan Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ARIA_ULFA_00317_5497_2014.pdf [thumbnail of B1_5_ARIA_ULFA_00317_5497_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ARIA_ULFA_00317_5497_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar fisika siswa disebabkan oleh kurangnya usaha
siswa untuk belajar aktif dan tugas yang diberikan tidak dikerjakan dengan baik
dan hampir 50% tugas yang dikerjakan siswa hasilnya sama, sehingga
mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Apabila
hal ini dibiarkan akan berdampak pada semakin rendahnya kualitas pembelajaran
fisika untuk itu dilakukan upaya perbaikan dengan menerapkan strategi
pembelajaran Scientific Inquiry berbantuan Pictorial Riddle terhadap hasil belajar
IPA fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Tujuan dari penelitian ini
untuk menyelidiki pengaruh penerapan strategi pembelajaran Scientific Inquiry
berbantuan Pictorial Riddle terhadap hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII
SMP Negeri 13 Padang.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan
rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang pada tahun ajaran 2013/2014.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas
yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas VIII4 dan kelas VIII5. Data hasil
belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh dari tes hasil belajar, pada ranah
afektif dan ranah psikomotor diperoleh dari lembar observasi. Teknik analisis
hasil belajar yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata dengan uji t pada
taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah psikomotor, sedangkan ranah
afektif melalui interpretasi data yang ditampilkan dalam grafik secara kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes akhir kelas
eksperimen adalah 73,89 sedangkan kelas kontrol 64,93. Dengan menggunakan
uji t maka di dapatkan harga thitung > ttabel. Pada ranah afektif diperoleh nilai ratarata
kelas eksperimen adalah 79,88 dan kelas kontrol adalah 71,82. Pada ranah
psikomotor, hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata–rata 77,36
sedangkan kelas kontrol nilai rata–rata 72,47. Hipotesis diuji dengan
menggunakan uji t, pada ranah kognitif diperoleh thitung = 2,297, pada ranah
afektif diperoleh thitung = 7,15 dan pada ranah psikomotor diperoleh thitung = 4,41,
dengan ttabel = 2,01 pada taraf nyata 0,05, berarti thitung > ttabel. Dengan demikian
hipotesis kerja diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi
pembelajaran Scientific Inquiry berbantuan Pictorial Riddle dapat meningkatkan
hasil belajar IPA fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:37 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16263 |