Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) bagi Siswa KelasVI SDN 04 Sarilamak Kab.50 Kota

Yona, Yulia Septi (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Strategi Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) bagi Siswa KelasVI SDN 04 Sarilamak Kab.50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_YULIA_SEPTI_YONA_54220_5879_2014.pdf] Text
final_B1_6_YULIA_SEPTI_YONA_54220_5879_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di lapangan bahwa saat pembelajaran membaca pemahaman guru kurang melibatkan siswa dan strategi yang digunakan kurang relevan sehingga siswa kesulitan dalam memahami bacaan dan menyebabkan rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca pemahaman menggunakan strategi PQ4R bagi siswa kelas VI SDN 04 Sarilamak Kab. 50 Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Prosedur penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang tindakan pelaksanaan dan penilaian membaca pemahaman siswa pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Sumber data adalah guru dan siswa kelas VI SDN 04 Sarilamak Kab.50 Kota dengan jumlah siswa 23 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan dapat dilihat dari penilaian keterampilan membaca, (a) tahap prabaca siklus I diperoleh nilai rata-rata 72,07 dan siklus II menjadi 92,83, (b) tahap saatbaca siklus I diperoleh nilai rata-rata 80,65 dan siklus II menjadi 91,96, (c) Penilaian tahap pascabaca pada diperoleh nilai rata-rata 73,60 dan siklus II menjadi 83,91, (d) Nilai rata-rata siklus I yaitu 75,44 dan siklus II menjadi 89,56. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman bagi siswa kelas VI SDN 04 Sarilamak Kab.50 Kota.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Pemahaman, Strategi PQ4R, Keterampilan Membaca, Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:37
Last Modified: 22 Jul 2025 07:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16262

Actions (login required)

View Item
View Item