Wirza, Lydia (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SD Negeri 24 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LYDIA_WIRZA_56697_3149_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_LYDIA_WIRZA_56697_3149_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LYDIA_WIRZA_56697_3149_2013.pdf
Download (307kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan observasi, terlihat rendahnya hasil belajar siswa. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan masih berpusat pada guru dan tidak menggunakan alat pembelajaran untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Sehingga hasil belajar yang didapat belum sesuai dengan KKM yaitu 70. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini meliputi: (1)Perencanaan, (2)Pelaksanaan, (3)Pengamatan, (4)Refleksi, (5)Penilaian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa SDN 24 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian dengan menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS. (1)Dari hasil pengamatan RPP pada siklus I dengan nilai 78,56 dan siklus II 96,42, (2)Pelaksanaan aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 75 dan siklus II 94,23, dan pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I adalah 71,15 dan pada siklus II 88,46, (3)Hasil belajar siswa pada siklus I terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 67,27 pada siklus I meningkat menjadi 77,2 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 24 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Talking Stick, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:36 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16259 |