Hubungan Antara Pengasuhan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa: Penelitian terhadap Siswa SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan

Ardi, Arfit (2013) Hubungan Antara Pengasuhan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa: Penelitian terhadap Siswa SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARFIT_ARDI_88059_2206_2013.pdf] Text
B1_5_ARFIT_ARDI_88059_2206_2013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Orangtua dalam menerapkan pengasuhan sesuai dengan perkembangan siswa, agar pengasuhan yang diberikan dapat memotivasi belajar siswa. Kenyataannya banyak siswa tidak termotivasi dalam belajar karena pengasuhan orangtua kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengasuhan orangtua terhadap siswa, mendeskripsikan motivasi belajar siswa dan melihat hubungan antara pengasuhan orangtua dan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif corelation dengan populasi siswa SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 800 orang dan sampel 192 orang. Penarikan sampel menggunakan teknik stratifide random sampling. Instrument penelitian adalah angket berskala. Data diolah dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment Correlation, perhitungannya menggunakan jasa komputer dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS versi 17.00.
Penelitian ini terungkap bahwa: (1) Pengasuhan orangtua terhadap siswa berada pada kategori cukup. (2) Motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang. (3) Hasil penelitian terungkap bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengasuhan orangtua dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan koefisien kolerasi sebesar 0,578 pada taraf signifikansi 0,000 (sig<0,01) dan r tabel sebesar 0,181 dengan tingkat hubungan cukup, artinya semakin baik pengasuhan orangtua maka semakin tinggi motivasi belajar siswa sebaliknya semakin kurang baik pengasuhan orangtua maka semakin rendah motivasi belajar siswa di sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian, bagi guru-guru di sekolah, diharapkan menjalin hubungan kerjasama dengan orangtua dalam membimbing dan mengarahkan siswa untuk belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Bagi orangtua agar dapat menerapkan pengasuhan yang baik terhadap siswa yaitunya menerapkan pengasuhan terutama autoritatif dalam membimbing dan memberikan perhatian terhadap siswa. Bagi siswa agar dapat meningkatkan motivasinya dalam belajar, serta dapat mengarahkan tingkah lakunya kepada tujuan belajar yaitunya mendapatkan hasil yang baik dalam belaja

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:36
Last Modified: 22 Jul 2025 07:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16257

Actions (login required)

View Item
View Item