Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 04 Langgung Saiyo Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman.

Kartini, Kartini (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas IV SD Negeri 04 Langgung Saiyo Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_KARTINI_56828_4178_2012.pdf] Text
B1_6_KARTINI_56828_4178_2012.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SD Negeri 04 Langung Saiyo
bahwa dalam Pembelajaran IPS dalam penyajian materi pembelajaran guru lebih
sering menggunakan metode ceramah, guru kurang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengeluarkan pendapat/berbicara, siswa hanya menerima saja
materi yang diajarkan, guru kurang demokratis sehingga proses pembelajaran
monoton, guru jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam
proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti menggunakan teknik observasi
dan instrumen tes pengamatan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 04 Langung
Saiyo. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu tiap siklus terdiri dari dua
pertemuan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan
menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SDN 04
Langung Saiyo
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) perencanaan siklus I pertemuan 1
dengan persentase 72% dan pertemuan 2 84%, siklus II pertemuan 1 90% dan
pertemuan 2 97%, b) Pelaksanaan siklus I aspek guru pertemuan 1 75% dan
pertemuan 2 78% dan siklus II pertemuan 1 94% dan pertemuan 2 97% dan aspek
siswa siklus I pertemuan 1 47% dan pertemuan 2 59% dan siklus II pertemuan 1
84% dan pertemuan 2 94%, c) hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 dengan
rata-rata 60,85 dan pertemuan 2 67,75 dan siklus II pertemuan 1 dengan rata-rata
meningkat menjadi 76,50 dan pertemuan 2 89,25. Dari hasil penelitian yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran
Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS di kelas IV SD Negeri 04 Langung Saiyo Kecamatan Rao Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:35
Last Modified: 22 Jul 2025 07:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16247

Actions (login required)

View Item
View Item