Nelsi, Yulia (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 05 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_YULIA_NELSI_07638_194_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_YULIA_NELSI_07638_194_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_YULIA_NELSI_07638_194_2013.pdf
Download (886kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan yang ditemukan di lapangan, bahwa dalam pembelajaran PKn lebih difokuskan pada kemampuan kognitif siswa dan mengesampingkan kemampuan lainnya seperti keterampilan berintekrasi, kerjasama, serta sering menggunakan pendekatan konvensional (guru menjadi pusat pembelajaran). Sehingga hasil belajar yang diharapkan belum tercapai. Untuk mengatasinya dapat digunakan pendekatan model Problem Based Learning (PBL) yang menjadikan siswa sebagai pusat pembelajaran (student centered). Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 05 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitaf. Penelitian dilakukan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Penelitian dilakukan 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses, rambu-rambu keberhasilan mengajar guru, dan rambu-rambu analisis karakteristik pendekatan model PBL dari aspek siswa dan guru. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning 5 langkah yaitu orientasi siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. Hasil penelitian yang diperoleh setelah menggunakan model PBL adalah penilaian perencanaan siklus I 76,50 meningkat pada siklus II yaitu 88,50. Sedangkan pada pelaksanaan pembelajaran pada siklus I 69,38, pada siklus II 83,75. Rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I 68,39 dan meningkat disiklus II 82,32. Dapat disimpulkan pembelajaran Pkn dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 05 V Koto Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Kewarganegaraan, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:34 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16239 |