Lusyanna, Lusyanna (2014) Penigkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Satuan Waktu dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas V SD Negeri 19 Air Tawar Barat Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_LUSYANNA_11874_2189_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_LUSYANNA_11874_2189_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_LUSYANNA_11874_2189_2014.pdf
Download (579kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya nilai hasil belajar operasi hitung satuan waktu di kelas V SD. Proses pembelajaran yang dilakukan belum mengunakan kehidupan sehari-hari siswa, guru masih kurang mengorganisasikan siswa untuk belajar dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa mencari informasi yang sesuai untuk memecahkan masalah, tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan belum sepenuhnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelakasanaan, dan meningkatkan hasil belajar operasi hitung satuan waktu dengan pendekatan pendidikan matematika realistik di kelas V SDN 19 Air Tawar Barat Padang. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas V SD dengan jumlah 32 orang siswa. Penelitian dilaksanakan II siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata dari 67,85 % menjadi 89,2%. Aktivitas guru dari 70% menjadi 85%, aktifitas siswa dari 65% menjadi 80%, serta hasil belajar pada aspek kognitif dari 67,34% menjadi 84,84%. Pada aspek afektif dari 64,05% menjadi 83,59%. Pada aspek psikomotor dari 61,19% menjadi 85,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMR dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung satuan waktu di kelas V SDN 19 Air Tawar Barat Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Matematika Realistik (PMR), Hasil belajar, Pendekatan kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Shahudul Farid |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16232 |