Oktarizal, Rahmat (2012) Kontribusi Kreativitas dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Menerapkan Dasar-Dasar Elektronika Kelas X Audio Video SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RAHMAT_OKTARIZAL_76606_1207_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RAHMAT_OKTARIZAL_76606_1207_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RAHMAT_OKTARIZAL_76606_1207_2012.pdf
Download (401kB)
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa dalam mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika, di mana terdapat 60.93% siswa kelas X audio video yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM (<7,00) dan yang mendapatkan hasil belajar di atas atau sama dengan (≥7,00) adalah 39.06%. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 70 (rentang nilai 0-100).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kontribusi kreativitas dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika kelas X Audio Video SMK N 1 Padang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 64 siswa yang diambil dari populasi dengan teknik propotional random sampling. Data kreativitas dan motivasi belajar diperoleh melalui angket model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda menggunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) Versi 16.0. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Terdapat kontribusi kreativitas terhadap hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika. siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 8.4%. (2) Terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 13.6%. (3) Terdapat kontribusi secara bersama-sama antara kreativitas dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran menerapkan dasar-dasar elektronika siswa kelas X audio video SMK N 1 Padang secara signifikan sebesar 24.8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kreativitas dan motivasi belajar merupakan dua faktor yang turut menyumbang terhadap hasil belajar siswa kelas X Audio Video SMK N 1 Padang tahun ajaran 2011/2012. Hal ini berarti semakin tinggi kreativitas dan motivasi belajar maka hasil belajar siswa pun akan cenderung semakin tinggi, begitu pula sebaliknya
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 22 Jul 2025 07:33 |
Last Modified: | 22 Jul 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/16231 |